Senin, 02 Mei 2011

beberapa Fadilah

Fadhilah
Usul 13 / B: 12: Apakah tujuan akhir surat Al-khasar sebab barang siapa membaca agi dan petang, maka allah meakilkan 70 ribu Malaikat menselawatkan bagi orang yang membacanya ini terdapat dalam kitab “ jam ul fawa’id” dan bolehkah kita berpegang kepada kitab tersebut?
Jawab : Kelebihan membaca surat tersebut adalah untuk “ Targib “ dan termasuk pada Fada ilul a’mal yang seharusnya di kerjakan



Akhir Surat Al -Baqarah
Usul 14 / B;12: Mohon penjlasan tentang akhir surat Al- Baqarah, Apa sebabnya di namakan “ Pembendaharaan di bawah Arasy” dan dari mana di mulaikan ayat tersebut?
Jawab : Ada Hadis yang berbunyi : انها ا نزلت من كنز تحت العرش ini menunjukkan ayat tersebut adalah termasuk ayat Fadhliyah, dan kita beriaman dengan yang demikian itu, tidak daoat kita taswwurkan ( gambarkan dan renungkan ) dengan akal fikiran kita yang pendek ini.
Maksud Hadis
Usul 18 / B: 12: Apakah Maksud hadis di bawah ini ?
وروينا في سنن ابي داود عن ابن عباس رصي الله عنه قال : من قال حين يصبح فسبحان الله حين تمسون وحين تصبيحون وله الحمد في السموات والا رض و عشيا وحين تظهرون يخرج الحي من الميت ويخرج الميت من الحي ويحي الا رض بعد موتها وكذ لك تخرجون " ادرك ما فاته في يومه ذلك , ومن قال حين يمسي ادرك ما فاته في ليلته
Jawab: Hadis tersebut menunjukan hadis fadilah yang menunjukkan amal-amal sunnat yang tidak dapat di kerjakan pada hari atau pada malamnya pahalanya di ganti dengan pahala tersebut. Dan banyak zikir-zikir seperti ini sebagaiman riwayat abu daud pula pada hadis yang berbunyi :
من قال حين يصبح " اللهم ما اصبح بي من نعمة او باحد من خلقك فمنك وحدكلا شريك لك فلك الحمد ولك الشكر " فقد ادى شكر ذ لك اليوم
Dan seperti riwayat Muslim dari Abi mas’ud al- Ansory dari Nabi SAW. Ia bersabda :
من قرا ايتين من اخر السورة البقرة في ليلته كفتاه يعني عن قيام الليل


Fa’idah

Banyak Orang yang kena penyakit was-was Baik pada wudu’ atau lainnya sehingga ia membasuh mukanya berkali-kali dan takbiratul ihram berkali-kali, maka di sini kami akan memberikan do’a untuk menghilangkan was-was yaitu sebagai berikut :
و عن الشافعي رحمه الله تعالى لاذهاب الوسوس سواء كان في وصؤ او غيره , ان يضع الشخص يده اليمنى علي صدره من اليسار الذي فيه القلب و يقول : سبحان الملك القدوس الخلاق الفعال " ( سبع مرات ) ثم يقول : ان يشاء يذهبكم و ياتي بخلق جديد وما ذلك علي الله بعزيز ) . ( بجيرمي علي الا قناع ج 1 ص 141 )
Dari Imam Syafi,I Rahimahullah : untuk menghilangkan Was-was pada Wudhu’ dan pada yang lainnya , dengan cara : “ Bahwa seseorang tersebut menaruh tangannya di dadanya yang kiri yang hatinya ada padanya, dan membaca : سبحان الملك القدوس الخلاق الفعال Sebanyak Tujuh Kali ( 7 x ) , kemudian ia mengatakan : ان يشاء يذهبكم و ياتي بخلق جديد وما ذلك علي الله بعزيز
( Al – Bujairimi alal Iqna’ Jilid :I Hal : 141 )

Tafsiran Ayat
Tafsiran surat Al-Kahfi
Usul 27 / B; 4: Mohon di tafsirkan sejelas-jelasnnya firman tuhan di bawah ini ?
قل لو كا ن البحر مدادا لكلما ت ربي لنفد البحر قبل ان تنفد كلمات ربي و لو جئنا بمثله مددا ( الكهف )
Jawab: Tafsiran Ayat tersbut di atas :” kalimat Tuhan itu ma’nanya: Maklumat tuhan ( Semua pengatahuaan tuhan ) dan semua pengatahuan tuhan itu tidak terhingga, dan datangnya lagi seperti laut ini menjadi tinta , niscaya habislah laut itu karena terhingganya, dan tidak habis ma’lumat tuhan tdak terhingga.


Tafsiran ayat mutasyabihat
Usul 31 / B; 4: Mohon di tafsirkan Firman tuhan sebagi berikut:
الرحمن علي العرش ا ستوي
Jawab: Imam Maliki , Ibnu Anas pernah di Tanya oleh orang tentang tafsiran ayat-ayat tersebut, lalu beliu menjawab:
الا ستواء معلوم والكيفية مجهولة والسؤ ال عنه بدعة
Ketahuilah Ayat tersebut termsuk ayat Mutasyabihat, dan Mazhab salaf sendiri ( wahua Aslam ) jadi ayat –ayat tersebut di serahkan saja tafsirannya kapada tuhan yang menpunyai Firman dan percayalah sesungguhnya dia dari sisi Allh dan termasuk Firmannya.

Tafsiranan tentang Zolim
Usul 10 /B;8:Ayat yang berbunyi:
و من لم يخكم بما انز ل الله فالئك هم الظا لمون
Apakah pemerintah itu termasuk pada ayat tersebut di atas? Mohon penjelasan serta dalilnya?
Jawab: Kata “ Zolim “ di definisikan dengan:
و ضع الشئ في غير محله
Artinya : Menaruh sesuatu pada bukan tempatnya, misalnya orang perkara, salah satu di menangkan dan yang benar di kalahkan atau seperti masalah fara’id anak permpuan tidak di beri warisan, yang di beri hanya anak laki-laki. Maka dalam hal ini menurut ajaran islam orang yang menjatuhkan hokum seoerti itu termsuklah ia zolim.
Dengan demikian kesimpulan ayat yang di ajukan oleh pengusul tersebut adalah bersifat umumbaik ia bersifat umum ata bkan umum, baik ia alim atau bukan alim, apabila ia menjatuhkan hokum-hukum pada bukan tempatnya seperti tersebut di atas maka orang itu zolim menurut ajaran islam

Tafsiran Ayat 72 surat Al –Ahzab
Usul 34 /B;3: Dalam ayat 72 surat Al- Ahzab, menyatakan tentang amanat tuhan yang di bebankan kepada langit, bumi dan gunung-gunung semuanya tidak sanggup memikul amanat tuhan tersebut dan ia takut memikul akibatnya , maka di serahkan kepada manusia….
Bagaimana cara menafsirkan Ayat tersebut di atas yang berkaitan dengan amanat tuhan yang di bebankan kepada manusia, sedangkan bumi dan langit dan gunung-gunung tidak sanggup memikulnya, mohon penjelasan ?
Jawab : Penaya tidak mengerti Tafsiran ayat tersebut karana tidak di lanjutkan dengan ayat berikutnya :
ليعذ ب الله المنا فقين و المنا فقات و المشركين و المشركا ت و يتو ب الله علي المؤ منين و الؤمنات وكا ن الله غفو ر ا رحيما
Sudangkan jar majrur “ liyazziba “ mutallaq ke “ Hamalaha “,
Yang tafsirannya adalah Allah SWT. Menjadikan pada bumi , langit dan gunung kepahaman dan bias berbicara kemudian di perintahkan nya untuk memikul amanat itu: التكا ليف الشر عية علي سبيل التحصير ( Boleh menerima boleh tidak ) kemudian mereka enggan menerimanya lalu di tawarkan kepada Nabi Adam AS. Dan beliau sanggup memikulnya. Sesungguhnya dia ( Manusia ) yang tidak mau menunaikan amanat yang di bebankan kepadanya Zalim kepada dirinya sendiri karana enggan menunaikan amanat tersebut dan mereka Jahula akibat dari pada keenggenannya. Jadi yang di maksudkan dengan “ Insan pada ayat tersebut adalah : Orang - oorang munafik dan orang- orang musyrik. Karana mereka yang enggen menunaikan amanat tersebut bukan semua manusia. Kalimat seperti ini di namakan dalam ilmu Balagah “ Istihdam “ Yaitu : ذكر الشئ بعني و اعا د ة الضمير عليه بمعني اخر , dan adapun orang –orang yang menunaikan amanat itu , maka Allah Menjelskan dalam ayat berikut ini :
و يتو ب الله علي المؤ منين و المؤ منا ت و كا ن الله غفو ر ا ( لهم ) ر حيما ( بهم )

Tafsiran surat Ar-rahman
Usul 17.B: 6 : Apakah arti dan maksud dari Firman tuhan yang terdapat pada surat Ar-rahman sebagai berikut:
لا تنفذ و ن الا بسلطا ن
Kemudian bagaimana hubungannya dengan masalah Apolo dan Astronot yang mendarat di bulan. Dapatkah hal tersebut di katakana “ Bisultan “ ?
Jawab : Firman Allah di dalam surat Ar-Rahman di atas menurut tafsiran jalalain dan Khasyiah jamal yang artinya : jika kamu kuasa keluar dari seluruh penjuru langit dan bumi ( Karana lari dari Qadha’ Allah dan dari mati ) maka keluarlah / larilah , tidak bias kamu keluar/ lari melainkan dengan “ sultan “ ( dengan kekuasaan ) . Kata “ Fanfuzu “ itu adalah perintah pelemahan ( amar ta’jiz ) seperti kata sya’ir : Hai Keluarga bakar hidupkanlah si kulaiba, kata “hidupkanlah” itu amar ta’jiz.
Justru masalah Apolo atau astronot yang mendarat di bulan tidak dapat di katakana bisultan karana dua sebab yaitu :
a. Apolo dan astronot itu tidak keluar dari seluruh penjuru langit dan bumi
b. Bila pendaratan Apolo dan Astronotnya kebulan itu di katakana bisultan , maka ini adalah penafsiran birra’yi. Sedangkan menafsirkan Al-Qur’an dengan Ra’yi tida boleh. Ini jelas dalam hadis sebagai berikut:
من قال في القر ان برايه فليتبوء مقعده من النار ( ر و ا ه ا بو د اود )
Artinya: Barang siapa berkata atau menafsirkan Al – qur’an dengan pendapatnya sendiri , maka hendaklah dia mengambil bagaian tempat tinggalnya di neraka

Tafsiran Ayat Memanggil rasul SAW
Usul 23 / B;6 :
قوله تعالي " لاتجعلو ا دعا ء الرسو ل كد عا ء بعضكم بعضا كيا حبيبي يا محمد و الحال نداء النبي باسمه وكذا كنية حر ا م ( مهما ت النفائس )
Maka di dalam berzanji ada disebutkan “Ya Habibi Ya Muhammad . “ Mohon penjelasan
Jawab: قوله تعالي " لاتجعلو ا دعا ء الرسو ل كد عا ء بعضكم بعضا Menurut tafsiran sebagian besar Ulama’ tafsir, tidak boleh memanggil Rasulallah dengan namanya atau dengan kuniyahnya, tetapi dengan Tauqir dan Ta’zim seperti “ Ya Rasulallah Ya Nabiyallah “ begitulah kata mufti As-syafi’iyah Al-Alimul Allamah As-Sayaid Ahmad Zaini Dahlan Guru semua Ulama’ Makkah pada zamannya.
Adapun Berzanji yang di karang oleh As-Sayid Ja’far Al-Barzanji yang di selang-selangi dengan uicapan Attirillah itu yang di sarahkan oleh Kiyai Muhammad Bantan, tidak ada di dalamnya kata-kata “ ya Habibi Ya Muhammad dan Asyyraqal Badru “ kata itu bukan karangan Sayid Ja’far Al-Barzanji, tetapi susunan orang lain.karana naskah berzanzi itu banyak pengarangnya yang di kumpulkan dan di cetak jadi satu.
Sebutan “ Ya Habibi Ya Muhammad “di sebagaian tempat dalam berzanji itu tidak menghalalkan yang haram karana berlawanan dengan Nas Al-Qur’an tersebut, untuk itu sebaiknya kata-kata “ Ya Muhammad di ganti saja dengan Kata-kata “ Ya Rasulallah “ , penggantian ini toh tidak akan merobah lagu maupun timbangan dan maknanya, mengingat timbangannya itu adalah timbanagan bahar khafif.
Pernah di desa sesela saya mendengar orang membaca Asraqal dengan “Ya Habibi Ya Rarul.” Kemudian saya Tanya orang tersebut” Dari mana engkau mendapat ini ? “ mereka menjawab: Dari TGH. Badrul islam. Memang saya sendiri tahu bahwa TGH. Badrun itu kerap kali ke sesela.
Perlu saya jelaskan disini bahwa “ Sayid Ja’far Al-Barzanji “ sampai sekarang ini masih memiliki keturunan di Madinatul Munawwarah yang masyhur sekali dengan bait berzanji, semua keturunannya adalah Ulama’’ dan shalihin.

Lihat Artikel lainya yang berkaitan dengan :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar