Minggu, 28 November 2010

Pertanyaan Ummat kepada TGH. Ibrahim Al Khalidy Kediri

Profil Kitab Soal Ummat kepada TGH. Ibrahim Al Kholidy Kediri
Kata pengantar
بسم الله الرحمن الر حيم
الحمد لله الذي انزل القران منجما , و جعل فيه ا لاحكام طريقا منجيا, و الصلا ة والسلام على الرسول المصطفى , سيد نا محمد خير الورى , وعلى اله و صحبه كا لنجوم في الهدى.
اما بعد:
Para pembaca yang budiman , kitab kicil yang ada di tangan pembaca ini adalah kumpulan dari so'al-so'al Ummat kepada TGH. Ibrahim Al-Khalidy Kediri Lombok Barat .NTB. yang saya tulis kembali dari Berusur Aslinya yang sudah Rusak Kertasnya dan sudah Kabur Tulisannya yang ada di tangan Ayah Handa Kami ( Salah seorang Murid Beliau ),H. Syukri Jeringo, dan Karna takut hilang dan tidak bisa di baca oleh generasi sesudahnya dan anak cucu kita , Maka dari itu kitab ini di ada dan tersusun, dan hadir. semoga Bermamfa'at Sebagaimana bermamfa'at ilmu Penjawabnya ( TGH. Ibrahim ) dan Guru-gurunya dan sebagai Khazanah Penambah keilmuan kita terutama dalam menjawab Segala Fenomena, Masalah yang terjadi di lingkungan sekitar kita dan di dunia.
Tidak ragu lagi TGH. Ibrahim adalah Seorang Ulama' Besar Pada Zamannya dan Paling Mahir Dalam Urusan Fiqih kata Tuan Guru Pada Masanya karana Beliau dari sejak Kecil Sudah di sirami dengan Berbagai macam ilmu sampai Aqil Balig, dan berguru dengan Banyak seykh Kenamaan di dunia islam. Di dalam Negeri Maupun di luar Negri.
Tuan Guru Ibrahim berkata dalam ratibnya : Saya akan sebutkan guru-guru saya supaya saya selalu ingat kepada mereka dan inget menghadiahkan Al- Fatihah kepada mereka dan supaya murid –murid ku mengingat akan daku,
لا سيما اذا صرت تحت التراب و نسيني الاهل والاصحاب
Adapun Guru-guruku membaca Al- Qur’an terutama ayah handaku
1. Haji Khalidy rahamtullah alaihi , dan padanya saya mengaji beberapa kitab melayu sampai saya ‘aqil balig.
2. Tgh. Muhammad Rasyid sumbawa
3. Syeh Muhammad Sa’id Al- Hindy
4. Tgh. Ahmad Misbah Bantan
Adapun guru saya dalam ilmu agama dan Ulumul Arabiyah yaitu:
5. Al- Marhum Kakanda H. Addussattar
6. Al- Marhum Kakanda H. Mustafa
7. Tgh. H. Abdul Hafiz Kediri
8. Al- Marhum Tgh. H. Abdul Karim Kediri
9. Al- Marhum Tgh. Abdul Hamid Kediri
10. Al- Marhum Tgh. H. Mukhtar kediri
11. Al- Marhum Tgh. H. Marzuki Palembang
12. Al- Marhum Tgh. H Husni Jambi
13. Al- Marhum Sayid Abdullah Al- Hadrani
14. Al- Marhum Syeh Muhammad Fathoni
15. Al- Marhum Tgh. H . Salim Ci anjur
16. Al- Marhum Raden Ahid Bogor
17. Al- Marhum Tgh. H Abdul Qadir Ibnu sobir Mundahalang
18. Al- Marhum Tgh.Husain Palembang
19. Syeh Abbas abdul Jabbar
20. Al- Marhum Syeh Hasan yamani
21. Al- Marhum Syeh Isa Ruas
22. Al- Marhum Sayid Abbas Maliki
23. Al- Marhum Syeh Umar Hamdan
24. Al- Marhum syeh Jamal Maliki
25. Al- Marhum Sayid Alwy Maliki
26. Al- Marhum Syeh syeh Hadramy
27. Al- Marhum Syeh ali Maliki
28. Al- Marhum Syeh Muhammad Araby
29. Al- Marhum Syeh Khlifah ibnu Nibhan Kurusua Dalam ilmu Falaq
30. Sayid Muhammad Amin Kutuby
31. Al- Marhum Syeh Ibrahim At-Tikruny
32. Al- Marhum Seyh Muhammad Nur saiful Bahraini
33. Tgh, abdurrahman kelantan
34. Tgh. Ahmad Payakumbuh
35. Seykh Al- Alimul Allamah She Hasan Mosad
Dan yang memberi Ijazah kepada saya dalam segala ilmu untuk mengerjakannya ialah guru kami As-Sa Muhammad Amin Kutubi dan Al – Marhum sayyid Alwi Maliki dengan semua isi dari pada kitab “ Kifayatul Mustafid fi ma Ala Minal asanid “ Yang di karang oleh Syekh Mahfuz At –Tarmisi Pengarang Kitab : Mauhabah Zil Fadli Fi Ssarhi Bi Afdhal, dan keduanya dapat Ijazah dari seykh Umar Hamdan dari Mua’llip “ Kifayatul Mustafid “ dan yang demikian itu pada Awal tahun 1373 H. Dan Guru kami syekh Hasan Muhammad Bin Masyaht dengan semua isi risalahnya yang bernama “ Al –Irsyad Bizikri Ba’di Mali Minal Ijazah Wal Asanid “.
Disini Kami Nukilkan sebagian dari ucapan Guru kami di dalam risalahnya tersebut terhadap diri ssaya yang hina ini yaitu :
طلب مني فا ضل الاستاذ الحا ج ابراهيم خالدي نفع الله به امين . ان اجيزه بذكر بعض اسانيدي فقلت له اهلا وان لم اكن لذا لك اهلا و علي المولي الكريم اعتمدت و اليه استندت فاقول : اجز ت الطا لب المذكور رزقنا الله و اياه السعي المشكور بجميع مالي من مرويات و مقرو ات و مجا زات من شيوخ لي بالديار الحجا زية و غيرها ممن تشرفت بالقراءة عليهم او الا جازة منهم
Kemudian Beliau menyebutkan 27 Nama Gurunya yang menjadi Nenek pada Ta’lim bagi saya Rahmatullah Alaihim kemudian beliau berkata :
اجيزه اجازة عامة مطلقة يحدث بها عني كيف شاء و لمن شاء و اجيزه بذ الك بالجامع الصحيح و بالكتب الستة و اجيزه بكل مالي من تاءليف وتصنيف .الخ .
Kemudian beliau berkata :
اطال الله عمره ذخرا للمسلمين
Ia ber pesan bagi kami:
مو صيا للمجا ز له و نفسي بتقوي الله عز و جل الخ. كما اني اوصيه و اوصي نفسي بالقيام بالدعوة الي الله عز وجل بالحكمة و المو عظة الحسنة وان يحبب عبا د الله الي الله ويرغبهم فيما عند الله ويحثهم علي التخلق باخلاق رسول الله و يحذرهم عن التشبيه بالكفرة اعداء الله زيا واخلاقا و اوصيه ونفسي بسلوق طريق القويم , فان لم يكن لطريقهم سا لكا فلا اقل من ان يكون لهم محبا , و اني موصي المجا ز له ان لا ينسا ني من دعواته في خلواته خصوصا في اوقا ت السحر , امدنا الله و اياه بمدده الاسني و ختم لنا وله بالحسني في جوار المصطفي صلي الله عليه و سلم وعلي اله وصحابه وزوا جه وذرياته والتا بعين لهم ناحسان الي يوم الدين . و الله اعلم بالصواب و اليه المرجع والماب. امين





Demikianlah adanya, semoga bermfaat. Kami sangat mengharapkan keritik dan saran kalau dalam penulisan kitab ini ada kesalahan supaya di perbaiki akan tetapi setelah berfikir dengan jawaban yang benar dan asah lebih dahulu. Sebagaimana kata Sya'ir:
و اصلح الفساد بالتا مل # وان بديهة فلا تبدل
اذ قيل كم مزيف صحيحا # لا جل كون فهمه قبيحا
Artinya:
Dan Perbaikilah yang salah kalau ada setelah berfikir dulu # dan kalau sudah jelas benar maka jangan ganti
Karana sangat banyak orang yang mengganti suatu yang memang benar adanya # ini karana ia kurang memahami masalah tersebut


Wassalam
Penulis

Lihat Artikel lainya yang berkaitan dengan :



2 komentar: