Menikahkan anaknya lewat Telepon
Usul 6 /B:31
Ada seorang Wali Nikah berada ditanah suci Makkah , bolehkah hukum menikahkan anaknya melalui telpon, kemudian apakah boleh ia berwakil untuk menikahkan anaknya ? Mohon penjelasan
Jawab :
Akad perkawinan harus dengan ada Wali dan dua saksi
لا نكاح إلا بولي وشاهدي عدل
dan saksi-saksi itu harus melihat dan mendengar , sebagaimana keterangan kitab Ia’nah Halaman 300 Juzu’ III yang berbunyi sebagai berikut :
وشرط الشهادة بقوله كعقد وفسخ وإقرار إبصار وسمع لقائله حال صدوره فلا يقبل فيه أصم لايسمع شيئا ولا أعمى في مراي لانسداد طرق التمييز مع الإشتباه الأصوات ولا يكفي سماع شاهدمن وراء حجاب وإن علم صوته وفي الأعمى في عدم صحته الشهادة من بظلمة شديدة لا يرى فيه العاقدين ثم إن المقصود في شهود النكاح إثبات العقد بهما عند التنازع
Kemudian keterangan kitab Nihayatal Muhtaj Juzu’ VI halaman : 218 sbb :
فلو سمعالإيجاب والقبول من غير رؤية للموجب والقبائل ولكن جزما في أنفسها بأن الموجب والقبائل فلان وفلان لم يكف لعلة المذكورة
Berdasarkan Nas ? keterangan diatas maka orang yang mengawinkan melalui telepon tidak sah , karena tidak hadir dan tidak dapat dilihat oleh saksi.
Adapun Wali yang berada di masafatul Qasri sekurang-kurangnya dua marhalah tidak perlu ia berwakil cukup dengan Hakim, tetapi kalau Wali itu berwakil tidak menjadi so’al ( dak ada masalah ) maka yang mengawinkan si Wali tersebut.
Ia’nah Halaman : 315 Juzu’ III menjelaskan seabgai berikut :
فيزوج القاض بكفء بالغة كائنة في محل ولايته حالة العقد ولو مجتازة به عدم وليها الخاص بنسب أو ولاءا وغاب أقرب أوليائها مرحلتين وليس له وكيل حاضر في التزويج فإن كان له وكيل حاضر قدم على السلطان على المنقول المعتمد
Usul 6 /B:31
Ada seorang Wali Nikah berada ditanah suci Makkah , bolehkah hukum menikahkan anaknya melalui telpon, kemudian apakah boleh ia berwakil untuk menikahkan anaknya ? Mohon penjelasan
Jawab :
Akad perkawinan harus dengan ada Wali dan dua saksi
لا نكاح إلا بولي وشاهدي عدل
dan saksi-saksi itu harus melihat dan mendengar , sebagaimana keterangan kitab Ia’nah Halaman 300 Juzu’ III yang berbunyi sebagai berikut :
وشرط الشهادة بقوله كعقد وفسخ وإقرار إبصار وسمع لقائله حال صدوره فلا يقبل فيه أصم لايسمع شيئا ولا أعمى في مراي لانسداد طرق التمييز مع الإشتباه الأصوات ولا يكفي سماع شاهدمن وراء حجاب وإن علم صوته وفي الأعمى في عدم صحته الشهادة من بظلمة شديدة لا يرى فيه العاقدين ثم إن المقصود في شهود النكاح إثبات العقد بهما عند التنازع
Kemudian keterangan kitab Nihayatal Muhtaj Juzu’ VI halaman : 218 sbb :
فلو سمعالإيجاب والقبول من غير رؤية للموجب والقبائل ولكن جزما في أنفسها بأن الموجب والقبائل فلان وفلان لم يكف لعلة المذكورة
Berdasarkan Nas ? keterangan diatas maka orang yang mengawinkan melalui telepon tidak sah , karena tidak hadir dan tidak dapat dilihat oleh saksi.
Adapun Wali yang berada di masafatul Qasri sekurang-kurangnya dua marhalah tidak perlu ia berwakil cukup dengan Hakim, tetapi kalau Wali itu berwakil tidak menjadi so’al ( dak ada masalah ) maka yang mengawinkan si Wali tersebut.
Ia’nah Halaman : 315 Juzu’ III menjelaskan seabgai berikut :
فيزوج القاض بكفء بالغة كائنة في محل ولايته حالة العقد ولو مجتازة به عدم وليها الخاص بنسب أو ولاءا وغاب أقرب أوليائها مرحلتين وليس له وكيل حاضر في التزويج فإن كان له وكيل حاضر قدم على السلطان على المنقول المعتمد
Tidak ada komentar:
Posting Komentar