Sabtu, 11 Desember 2010

Membuat Patung dalam islam

Usul 16 /B;2 : Apakah hukum membut, menjual patung lukisan dan lain sebagainya?
Membuat Patung

Jawab: Untuk menjawb pertanyaan tersebut perlulah di ketahui apa yang di sebut dengan patung. Patung ialah suatu bentuk gambaran atau ukiran yang di buat dari kayu, batu dan sebagainya, baik seperti bentuk manusia, hewan dan lain-lain dan kalau di letakkan di bawah sinar ada mempunyai banyangan
Hukum membuat, menyimpan atau menjualnya adalah haram. Ini pendapat seluruh Ulama’ Ilmi" sejak dahulu sampai sekarang.
Adapun lukisan yang berbentuk pohon-pohon gunung-gunung / pemandangan dan lain sebagainya tidak ada perbedaan pendapat ulama’ atas kebolehannya. Sedangkan lukisan yang berbentuk binatang dan sebagainya yang yang di lukis pada kain atau pada kertas apabila di letakkan di bawah sinar tidak mempunyai bayangan,menurut mazhab maliki di perbolehkan,tetapi menurut mazhab syafi’i di haramkan, alasan mazhab syafi’i dalam hal ini adalah suatu kejadian pada masa Nabi SAW yaitu: pernah Siti Aisyah istri Nabi SAW membuat tirai di rumahnya dengan kain yang berlukiskan gambar binatang, Nabi masuk kedalam rumah tersebut dan melihat lukisan itu beliau marah. Kemudian siti Aisyah membuatnya jadi bantal, dengan demikian hukum membuat lukisan seperti tersebut di atas baik seluruh badan atau setengahnya adalah haram. Tetapi menyimpan / memegangnya untuk lukisan setengah badan adalah boleh sesuai dengan ibarat “ Riadhussalihin “ Halaman:414 hadis :1675 seperti di bawah ini :
عن عا ئشة رضي الله عنها قالت قدم رسو ل الله صلي الله عليه و سلم : من سفر وقد سترت شخو ة بقر ا م فيه تما ثيل فلما راه رسو ل الله صلم تلون وجهه و قال يا ئشة اشد النا س عذا با عند الله يوم القيامة الذين يضاهون بخلق الله. فقطعنا ه فجعلنا منه و سا دة او وسا دتين ( متفق عليه )
و عن ابن عبا س رضي الله عنهما قال سمعت رسول الله صلم يقول كل مصور في النار يجعلو نه بكل صورة صو رها نفس فيعذبه في جهنم قال ابن عباس فان كنت لا بد فا علا فا صنع الشجرة و ما لا روح فيه . ( متفق عليه )

Lihat Artikel lainya yang berkaitan dengan :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar