Minggu, 28 November 2010

Perbedaan Islam Jama’ah dengan Ahlussunnah Wal jama'ah

Usul 7/ B;7: Apa perbedaan Islam Jama’ah dengan Ahlussunnah Wal jama'ah. Kemudian darimana asal mulanya islam jama’ah tersebut?
Islam Jama’ah
Jawab: Golongan Ahlussunnah waljamaah telah kita ma’lumi bersama yaitu golongan yang mengikuti salah seorang dari Mazhab yang empat pada furu’, dan yang mengikuti salah seorang imam, antara imam Abul Hasan Al-As'ary atau Imam Abu Mansur Al- Maturidi Pada Usul.
Adapun Islam jama’ah kita tidak mengetahui ajaranya maka oleh karena itu kita tidak mengetahui pula bedanya dengan Ajaran Ahlussunnah Wal – Jama’ah karena sebagai pencetus ajaran ini adalah “ Nur Hasan Abu Ubaidah umurnya kurang lebih 65 tahun. Yang saya kenal pada tanggal 27 rajab malam , bertepatan dengan tahun 1394 H. berhubung pada waktu itu saya mendapat undangan isra’mi’raj dari kedutaan Indonesia untuk Saudi Arabia bersama Tahir Athar yang bertempat di rumah kedutaan Indonesia yaitu di kampung Jiad Makkah Al- mukarramah, sedangkan sebagai pengurai isra’mi’raj pada saat itu adalah kiyai “ Abdul Jalil Al Mukaddas dari solo , Lalu Tahir Athar memberitahu kepada saya bahwa itulah yang bernama “ Nurhasan Abu Ubaidah pencetus Islam jama’ah yang pada waktu itu kami sama-sama menghadiri undangan Isra’ Mi’raj lalu tahir athar menyatakan lagi bahwa dia sekarang berada disini dalam keadaan bisu ( Tidak biasa ngomong ).
Dan pada tahun 1393 H. sebelum saya berangkat ke Makkah saya mendapat surat dari jaksa agung pusat di Jakarta dan demikin pula tuan guru-tuan guru yang ada di Lombok mendapat surat serupa dan isinya menerangkan tentang keputusan jaksa Agung Pusat Jakarta bahwa Aliran Jama'ah Islamiyah adalah aliran yang terlarang.

Lihat Artikel lainya yang berkaitan dengan :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar